Perjalanan Sang Pahlawan, The Hero Journey

Perjalanan Sang Pahlawan, The Hero Journey

Apa yang membuat sebuah cerita menarik?

Bisa jadi  tokohnya, alur ceritanya, atau mungkin kedekatan temanya dengan penikmat cerita.

Namun sebelum bisa membuat tokoh yang dicintai, alur pelik yang disukai, atau cerita penuh intrik dan misteri, ada baiknya kawan pendengar tahu dulu tentang struktur cerita.

Bagaimana cerita itu dibuat?

Kali ini kita akan membahas sebuah kerangka cerita yang umum dijumpai di kisah-kisah kuno hingga ke cerita modern seperti Harry Potter. Kerangka khas ini disebut The Hero Journey atau Perjalanan sang Pahlawan.

Perjalanan Sang Pahlawan

Kerangka atau formula cerita ini ditemukan di naskah cerita kuno seperti Kisah Raja Gilgamesh dari Sumeria dan Hercules dari Yunani kuno sampai dengan cerita modern seperti The Hunger Games, Star Wars, Lord of The Ring, Harry Potter, dan seterusnya.

Apa sih The hero Journey ini? Mari kita pahami sebuah konsep dulu.

Inilah yang Joseph Campbell dapatkan ketika dia menuliskan bukunya The Hero with thousand face, pahlawan dengan seribu wajah.

Joseph Campbell menemukan banyak kesamaan di dalam kisah-kisah yang ada di berbagai budaya di dunia.

Budaya-budaya ini memiliki sebuah tokoh dalam mitos-mitosnya. Kesamaan yang dia temukan adalah bagaimana si tokoh ini melawan kejahatan, menang, dan berhasil menyelamatkan bangsanya.

Ada sebuah kesamaan pola, antara kisah Gilgamesh, Hercules, Harry Potter, Star Wars, The Matrix, The Hunger Games, dan seterusnya. Joseph Campbell menyebut kesamaan pola ini sebagai The Hero Journey.

The Hero Journey atau perjalanan sang pahlawan ini adalah sebuah tahap transformasi bagaimana seorang biasa menjadi pahlawan, sampai dengan mengalahkan musuh terbesarnya, dan kembali pulang.

Kerangka ini dimulai dengan call to action, panggilan sebuah petualangan atau sebuah misi yang dijalani oleh si pahlawan.

Bagi Harry Potter itu adalah Hagrid yang datang ke rumah Dudley untuk menjemput Harry. Bagi Katniss dalam The Hunger Games adalah ketika dia menggantikan adiknya Prim untuk mengikuti Battle Royal.

Selalu ada dorongan yang terpaksa untuk si pahlawan melakukan petualangannya itu. Bagi Harry adalah bahwa dia adalah seorang penyihir dan dia harus belajar mengendalikannya dengan datang ke Hogwarts.

Infografis tentang The Hero Journey
Ini adalah gambaran umum bagaimana kerangka cerita Perjalanan Sang Pahlawan ada dalam setiap cerita.

Bagi Katniss adalah dia harus menggantikan adiknya agar tak jadi peserta sebuah battle royal, pertarungan sampai mati hingga hanya satu yang bertahan hidup.

Dan kalian akan menemukan banyak hal yang membuat para pahlawan ini harus bertualang atau menjalankan misinya.

Kemudian di tahap kedua mereka akan dipertemukan dengan seorang mentor, seorang guru yang membimbing mereka untuk menjalani misi atau petualangannya itu.

Ada Hagrid untuk Harry Potter dan Dumbledore juga nantinya. Ada Haymitch untuk Katniss, Gandalf untuk Frodo dan seterusnya.

Mereka bertualang untuk sebuah tujuan yang mengharuskan mereka menjalani proses panjang dan menyakitkan ini.

Bagi Harry Pottter adalah menghadapi Voldemort, Untuk Katniss adalah menumbangkan diktator, untuk Hercules adalah menyelamatkan Olympus.

Ciri khas lain dari The hero Journey ini adalah tokohnya hidup di dunia dunia yang berbeda. yang pertama  adalah dunia biasa tempat pahlawan berasal dan yang kedua adalah dunia spesial, dimana aksi dan petualangan itu terjadi.

Seperti rumah Dudley dan dunia para Muggle yang merupakan dunia biasa Harry Potter. Sedngkan Hogwarts yang menjadi bagian dari dunia sihir adalah dunia spesialnya. Di Hogwarts juga banyak petualangan Harry dimulai.

Untuk The Hunger Games dunia spesial itu adalah The Arena, tempat pertarungan sampai hanya satu yang bertahan hidup digelar.

Dalam perjalanan untuk menyelesaikan misi ini, mereka akan menghadapi banyak tantangan di dunia spesial itu.

Contoh Alur The Hero Journey Untuk Cerita Harry Potter
INi adalah contoh bagaimana The Hero Journey digunakan dalam Harry Potter

Dari mulai mengenali seperti apa sulitnya misi yang dihadapi, bagaimana bertahan hidup, dan menemukan cara untuk mengalahkan musuhnya.

Lalu mereka memasuki tahap ordeal, yaitu siksaan, bahkan kematian. Kematian ini mungkin sebagai metafora dari kelahiran kembali.

Ketika para pahlawan, lewat kematian atau kekalahan untuk memahami apa sesuatu yang baru tentang misi yang mereka lakukan. (Para pahlawan melewati/mengalami kematian atau kekalahan sementara untuk kemudian memahami sesuatu yang baru tentang musuh atau misi yang mereka jalani.)

Hal yang mungkin paling mewakili tahap ini adalah ketika Sam pada Lord of The Ring (bisa ditambahkan scene di mana dialog terjadi agar lebih menggambarkan situasi) berkata “orang-orang dalam cerita itu memiliki banyak kesempatan untuk berbalik pulang, namun mereka tidak melakukannya. Mereka meneruskan misinya. Karena mereka tahu mereka berpegang kepada sesuatu.”

Frodo dan Sam pun melanjutkan perjalanan ke Mordor untuk menghancukan cincin Sauron.

Tahap Ordeal ini seringkali diikuti dengan rebirth, kelahiran kembali.

Para pahlawan ini harus mengerti dulu arti kekalahan, apa yang membuat mereka tidak bisa menang. Dari sini mereka akan kembali menantang ketakutan terbesarnya dan kemudian menang.

Voldemort akhinya mati, Cincin berhasil dihancurkan, Diktator tumbang, dan seterusnya.

Lalu kita mulai memasuki sebuah babak epilog.

Tujuan Perjalanan Sang Pahlawan

Para tokoh ini sudah sukses menjadi pahlawan, mereka berhasil menghancurkan musuh paling jahat. Lalu mereka mulai berjalan pulang.

Namun, apa tujuan mereka bertualang ini?

Para pahlawan berjalan dengan membawa sesuatu, bisa jadi sebuah hadiah dari para dewa, elixir kehidupan, atau sebuah perubahan. Itu buah dari perjuangan mereka.

Namun para pahlawan ini tidak kembali sebagai sosok yang sama, sekarang mereka memiliki sebuah status quo, bisa jadi penyelamat bangsa, umat manusia, pembunuh naga, dan seterusnya.

Mereka pulang dengan diri yang lebih baru dan lebih tangguh. Inilah perjalanan penuh sang pahlawan.

Pertanyaan buat saya adalah kenapa banyak cerita seperti ini di berbagai budaya dunia? Dari budaya Afrika, Eropa, Cina, dan bahkan nusantara, ehem, ehem, Ramayana.

Kita menyukai seorang sosok pelindung, sosok untuk dicontoh, dan bahkan diikuti. Perjalanan sang pahlawan ini menjadi sebuah inspirasi, dongeng yang menghibur, bahkan bisa menjadi bagian dari nilai-nilai yang kau pegang erat, kawan.

Kita selallu menyukai cerita bagaimana seseorang berhasil mengangkat harkatnya, seakan-akan mewakili diri kita yang ingin berhasil meraih tujuan meski dihadang berbagai rintangan.

Perjalanan Sang Pahlawan adalah wakil dari individu, masyarakat, dimana mitos ini diceritakan. Inilah nilai-nilai luhur sebagai manusia unggul yang dicita-citakan.

Saya akhiri ceracau ini dengan kutipan dari Joseph Campbell sebagai penulis buku Pahlawan Dengan Seribu Wajah.

“Gua yang paling takut kau masuki menyimpan harta yang paling kau inginkan.”

-Joseph Campbell

1 thought on “Perjalanan Sang Pahlawan, The Hero Journey”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link
Powered by Social Snap